Thursday, May 24, 2012

Trik Google: Saya Lagi Beruntung

Saya tertarik dengan pertanyaan dari salah satu blogger yang berkomentar di postingan 10 Tip dan Trik Google yang Jarang Diketahui yaitu tokobusananak . Bunyi komentarnya begini "Kalau menekan tombol "saya lagi beruntung" mahsudnya apa sobat ? Thks". Saya bingung dan tidak bisa menjawab langsung pertanyaannya. Dan saya blogwalking dulu kemudian menjawab pertanyaannya dengan posting.


Saya sendiri kurang begitu mengetahui apa maksud sebenarnya terdapat pilihan tombol seperti itu dalam pencarian Google. Biasanya kita tentu langsung mengklik Penulusuran Google atau Google Search dan akan keluar hasilnya. Dan mungkin, hampir semua pengguna Google Search jarang menekan tombol "Saya Lagi Beruntung" atau "I’m Feeling Lucky" dalam versi .com-nya.

Menurut para blogger-blogger lain, trik Google ini adalah trik basi dan sudah banyak yang membahasnya. Tapi Apasajakah akan membahasnya kembali karena Apasajakah adalah blog untuk mengetahui apasajakah yang belum diketahui.

Trik Google "I'm Feeling Lucky"

Mungkin Google menyediakan layanan ini supaya pengguna Google tidak bosan dengan tampilan Google yang itu-itu saja. Bagi pengguna Google yang menyukai keunikan atau sesuatu yang tidak biasa bisa memakai layanan ini. Mungkin sih...

Oke, saya menemukan beberapa kata yang sering digunakan dalam Trik Google kali ini. Para sahabat cukup mengetikkan kata-kata tersebut di kotak pencarian Google. Kalau biasanya kita mengklik tombol "Penelusuran Google", kali ini jangan klik tombol tersebut. Kllik tombol "Saya Sedang Beruntung" atau "I'm Feeling Lucky" untuk mencoba trik ini. Berikut daftar kata-katanya:

1. google l33t

Sepertinya yang ini lebih cocok bagi para Lebayus Alayensis (lebay dan alay)

2. google loco

Kalau yang ini dipakai pada zaman batu (memangnya udah internet?ha ha)

3. google gothic

4. ewmew fudd

Yang ini bahasanya hancur sobat.

5. xx-klingon

Dan yang ini lebih hancur

6. xx-piglatin

Kalau yang ini rumusnya= Pindahkan satu atau dua huruf depan ke belakang dan tambah dengan "ay". Contohnya Earchsay untuk kata Search dan Oupsgray untuk kata Groups.

7. google bsd

Sepertinya ini khusus bagi programmer opensource. Saya pass saja dech...
8. google linux

Dan yang ini untuk para linuxer

9. google gravity

Google tampil sebentar kemudian menghilang ke bawah layar dan meninggalkan warna putih saja di desktop kita. Jadi, saya tidak akan menampilkan screenshotnya.

Itulah frasa atau kata-kata yang digunakan dalam Trik Google kali ini. Saya yakin masih ada kata-kata lain yang bisa digunakan, namun saya sendiri hanya mengetahui kata-kata yang telah disebutkan tadi. Bagi teman-teman yang tahu lebih banyak tentang trik ini, tolong share ya, biar kami yang belum tahu bisa mempraktekkannya juga...ha..ha..

Share Trik Google ini ke teman-teman blogger sekalian, dan jika ada krtitik/ saran atau pertanyaan mohon komentarnya.

2 comments:

  1. emang banyak trik google yg blom bnyk orng tau, makasih neh nmbh ilmu lg

    ReplyDelete